Halaman

Proses Hipnoterapi

Di Indonesia, Ketika mendengar atau melihat Hypnotherapy atau sebut saja hipnoterapi mungkin di pikiran para pendengar dan pembaca langsung tertuju pada Terapi dengan menggunakan Hipnotis, artinya Pertama, tidak sadar. Kedua,disuggesti lalu selesai! Ya, sesimpel itu? saya katakan dengan tegas, tentu TIDAK.
Ada hal yang perlu saya koreksi dari pandangan para pembaca terhadap hypnosis, kondisi hipnotis atau hypnosis merupakan kondisi yang Sadar. Klien (orang yg di hipnosis) memiliki kemampuan untuk mendengar dan mengingat selama proses terapi ini berlangsung.

Berkali-kali saya mendapat permintaan seperti ini "Pak, tolong istri saya dihipnotis diam-diam agar nurut sama saya", "Pak tolong anak saya di hipnotis biar berhenti main game" setelah tahu, bahwa yang bersangkutan sebenarnya tidak bersedia di hypnosis atau terpaksa. Permintaan seperti ini selalu saya tolak! Bukan berarti saya tidak mau membantu mereka, tapi hipnoterapi (terapi hypnosis) membutuhkan persetujuan dan keseriusan dari klien untuk sebuah perubahan, jika klien tidak serius dan terpaksa mengikuti terapi ini maka sia-sialah terapinya.

Mungkin anda ingin tahu, bagaimana proses hipnoterapi?. Berikut penjelasannya secara singkat.
  1. Pra Terapi, Tujuan sesi ini untuk mencari tahu motivasi dan alasan untuk mengikuti hipnoterapi, sekaligus menceritakan permasalahan dan hal yang ingin dicapai.
  2. Relaksasi, Tujuan sesi ini adalah menetralkan ketegangan dan emosi untuk mempermudah sesi terapi selanjutnya.
  3. Teknik Hypnotherapy, disini merupakan bagian yang menentukan. Disinilah proses penggalian emosi, masalah dan kemudian proses mengikhlaskan, memaafkan dan proses pemberian sudut pandang baru terhadap hal yang sedang dihadapi semua tergantung dari kendala yang dihadapi.
  4. Penutupan, membuka mata dan selesai.
Satu sesi ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 - 2 jam dan terkadang bisa lebih dari 2 jam.

Sedikit cerita, Sahabat saya telah praktek hipnoterapi selama kurang lebih 2 tahun. Dia bercerita bahwa kliennya selalu bolak-balik hingga 5 sesi, sembuh sebentar lalu kambuh tidak lama kemudian. Lalu dia bertanya kepada saya, bagaimana rahasianya kok klien bisa sembuh dalam 1 - 3 sesi saja? Kemudian saya tanya balik tentang proses terapinya, disini ketemu jawabannya!
Ternyata, Selama ini dia hanya menggunakan teknik direct suggestion (sugesti langsung) ya prakteknya kurang lebih seperti sulapan yang ada di televisi. Memang ada beberapa kasus yang bisa selesai hanya menggunakan sugesti langsung, dalam kasus lainnya tetap membutuhkan teknik terapi lainnya seperti age regression, gestalt therapy, reframming, dll. Nah, makanya sebelum memutuskan mengikuti terapi ada baiknya mengajukan pertanyaan seputar proses hipnoterapinya.





Salam Sehat dan Harmonis, Wassalam
Klinik Hipnoterapi Jogja
                                                                                                 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar